Rabu, 12 Agustus 2009

Mengapa Merokok ?

Satu pertanyaan sederhana yang bisa mengudang polemik pada diri pribadi kita. Banyak orang sekitar kita yang selalu komplain ketika kita merokok, dengan sejuta alasan mulai dari asap yang tidak enak, sampai pada alasan kesehatan. Dan bahkan sekarang sedang giat giatnya kampanye anti rokok dan area area bebas asap rokok yang semakin luas di Jakarta

Saya yakin 90% lebih dari anda yang mungkin membaca tulisan ini adalah perokok. Dan 100 % saya yakin anda mempunyai alasan sendiri mengapa anda merokok.

Pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah :
“apa alasan anda merokok”

Silahkan replay dan tulis komentar anda pribadi mengapa anda merokok. Sebagai sedikit informasi bahwa usia perokok termuda pada saat ini adalah 4 tahun. Dan ini adalah suatu keadaan yang sangat serius untuk kita telaah bersama.

Ketika anda memutuskan menjadi perokok ( saya yakin tidak ada orang yang berani menyatakan bahwa anda mengambil keputusan sebagai perokok ) apa yang ada di benak anda ?
- mencari jati diri ?
- mencari teman sejati ?
- supaya keren dan dilirik orang akan keberadaan kita ?
- sekedar iseng ?
- supaya kelihatan berwibawa ?
- atau anda punya alasan sendiri.

Jujur saya katakan bahwa ketika saya memulai merokok adalah karena pergaulan. Saya berkumpul dengan sedemikian banyak perokok dan saya belum merokok pada saat itu. Dan akhirnya sampai pada saat ini saya benar benar menjadi seorang perokok karena kebutuhan, karena dengan rokok saya bisa berbicara kepada saya sendiri. Tetapi pada saat ini pula muncul keinginan dari dalam diri saya untuk memulai mengurangi rokok dan bahkan ke depan ada keinginan untuk berhenti sama sekali.

Tetapi keinginan untuk berhenti sama sekali ini masih terasa sulit, karena faktor kebiasaan yang seolah sudah mengakar.

Kebiasaan macam apa yang membuat kita susah berhenti merokok.

  • kita terbiasa merokok sesudah makan. ( meskipun kita tahu bahwa kebiasaan merokok sesudah makan adalah tidak bagus dan bisa menimbulkan beberapa efek samping, saya pernah membaca artikel seperti ini tetapi saya lupa dimana, dan saat ini saya sedang mencoba mencari tulisan itu. )
  • kebiasaan nongkrong sambil ngopi... ( memang enak sekali pada saat senggang atau pada saat sore hari kita nongkrong rame rame di warung kopi sambil merokok )
  • kebiasaan merokok sambil ”jongkok” ( BAB )..... ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman di kamar mandi karena baunya, dan untuk mengikis bau itu akhirnya merokok jadi jalan keluar.

Anda punya catatan lain ?
Tambahkan catatan anda dengan mereplay tulisan ini..



2 komentar:

Macam2 Info mengatakan...

emang pekerjaan yang satu ni gak baik tapi cukup banyak manusia yang suka rela mengerjakan nya....

Wid mengatakan...

nah itulah pak...
sampai sekarang saya juga masih merokok. tp sdang dalam proses pengurangan bahkan menghentikan.

yuk share sama sama..isi komentar n kita bahas bersama.

 
Powered By Blogger | Portal Design By __ H u g o S __ © 2009 | Best View: Firefox | Top